Focus

Kamar Setnov Di Lapas Sukamiskin Lebih Luas dari Tahanan Lain

Sabtu, 15 September 2018

KerenNews.com, Jakarta – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melakukan inspeksi mendadak di sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) yang berada di Bandung. Salah satunya adalah Lapas Sukamiskin yang merupakan rumah tahanan bagi para terpidana kasus korupsi, termasuk Setya Novanto.

Ombusdman menemukan salah satu kamar yang ditempati terpidana kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto lebih luas ketimbang tahanan lainnya.

“Kamar luas, lebih bagus, penghuni misalnya Pak Setya Novanto memang lebih luas. Ukuran saya bingung, tapi dua kali lipat dibanding lainnya,” kata pimpinan Ombudsman RI, Ninik Rahayu seperti dikutip Antara, Jumat (14/9).

Baca: Setya Novanto Hilang Nafsu Makan di Sel KPK

Ombudsman juga menemukan indikasi maladministrasi yang terjadi di Lapas Sukamiskin. Ombudsman menemukan perbedaan luas ruang tahanan antara kamar di lantai bawah dan lantai atas. Setnov merupakan salah satu penghuni lapas yang berada di lantai atas.

“Kalau menurut Kalapas, [Kamar Setnov] bekas telepon atau telkom. Nomor [kamar] saya lupa,” kata Ninik.

Baca: Polisi Tembak Mati Bandar 3kg Sabu di Sumsel

Menurut Ninik, ruangan yang sempat terekspos media berbeda dengan kenyataan. Namun pada saat melakukan inspeksi tidak ditemukan fasilitas khusus lain di ruangannya seperti pendingin ruangan, televisi maupun barang yang dilarang.

Di sisi lain, Setnov menampik hasil temuan Ombudsman saat bersaksi di persidangan kasus e-KTP dengan terdakwa Irvanto Hendra Pambudi Cahya. Mantan ketua DPR ini mengatakan semua kamar yang berada di lapas tersebut memiliki standar yang sama.

“Itu bukan besar. Itu kan bekas lapas enggak ada kok yang besar, sama saja lah, semua sama standardisasi sama,” kata Setnov di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (14/9). (KRN)

Sumber: CNNIndonesia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top